Smartphone Android Anda telah berjalan lancar beberapa waktu sebelumnya, tapi kadang-kadang beberapa masalah atau kesalahan mungkin muncul. Ada masalah standar yang tidak dilaporkan oleh pengguna apa pun perangkat yang mereka miliki, seperti masalah dengan aplikasi, pengosongan baterai, masalah dengan GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dan beberapa lainnya. Tapi bukan itu saja. Ada beberapa kesalahan yang mungkin muncul di layar, dan jika itu terjadi, Anda harus mendedikasikan sedikit waktu dan usaha untuk menyingkirkannya. Salah satu pesan tersebut adalah “Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti“.
Kesalahan ini banyak mengganggu pengguna Samsung Galaxy S3, namun banyak dari mereka yang menggunakan smartphone lain yang berjalan di OS Android juga melaporkan pesan kesalahan ini.
Ada banyak alasan mengapa pesan kesalahan ini muncul, termasuk aplikasi pihak ketiga yang salah, masalah dengan aplikasi toolkit SIM. Beberapa orang menghadapi masalah ini setelah mereka menginstal ROM baru. Dalam beberapa kasus, masalah terjadi setelah update firmware.
Karena alasan kesalahan bisa berbeda untuk setiap pengguna, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya, dan kami telah mengumpulkan solusi yang paling efektif – yang membantu banyak pengguna untuk menyingkirkannya.
Perubahan pengaturan sederhana ini bisa membantu Anda dan bisa menghapus pesan kesalahan dengan baik. Untuk mengubahnya, navigasikan ke Settings dari layar awal, lalu ketuk Date & Time. Jika opsi “Automatic Date & Time” dicentang, hapus centang dan akan dinonaktifkan.
Banyak pengguna Android memecahkan masalah dengan pesan kesalahan yang mengganggu ini setelah mereka membersihkan cache dan data untuk aplikasi Telepon. Melakukan hal ini cukup sederhana – masuk ke Settings> Tap On Apps (pada beberapa perangkat Application Manager atau App Manager), tekan tab All dan kemudian cari aplikasi Phone. Klik pada aplikasi dan kemudian tekan Clear Cache dan Clear Data. Jika ini tidak membantu, coba solusi lain yang tercantum di bawah ini.
Anda juga harus menghapus cache dan data aplikasi toolkit SIM, dan melakukannya ke Settings> Tap on Apps (pada beberapa App Manager atau Pengelola Perangkat Android), ketuk tab Semua dan temukan aplikasi SIM Toolkit. Klik di atasnya dan tekan Clear Cache dan Clear Data.
Masalahnya bisa disebabkan oleh aplikasi yang salah, dan untuk memastikan aplikasi telah menciptakan masalah ini, Anda perlu mem-boot ponsel Android Anda ke mode Aman atau Safe Mode. Saat berada dalam mode Aman, semua aplikasi pihak ketiga yang Anda unduh akan dinonaktifkan secara otomatis, dan jika semuanya berhasil, berarti aplikasi tersebut harus dipersalahkan atas pesan kesalahan tersebut. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi yang baru saja diunduh, atau Anda dapat mengembalikan data pabrik.
Mode aman menunjukkan jika aplikasi adalah masalahnya, namun sayangnya, aplikasi tersebut tidak menunjukkan kepada kami aplikasi mana yang melakukan kesalahan tersebut. Itulah sebabnya Anda harus memilih opsi yang telah kami sebutkan di atas. Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi yang baru saja diunduh, dan untuk melakukannya, buka Setelan> Pengelola Aplikasi (Aplikasi Manager atau App), ketuk Download dan hapus aplikasi yang Anda pasang dalam beberapa hari terakhir (jika Anda dapat mengingat aplikasi tersebut). Klik pada aplikasi dan tekan Uninstall.
Jika semua solusi yang kami cantumkan di atas tidak membantu Anda menyingkirkan masalah ini, Anda dapat mengembalikan data pabrik. Ini akan menghapus semua aplikasi pihak ketiga, file dan pengaturan Anda, jadi disarankan untuk membuat cadangan file Anda. Selanjutnya, pergi ke Settings dan tekan Backup & Reset dan ketuk Factory Data Reset. Perangkat Anda akan di-reboot dan akan dihapus sendiri.
06 February 2018
06 February 2018
06 February 2018
06 February 2018
06 February 2018
Powered By Impressive Business WordPress Theme.