Cara Mengatasi Unfortunately, Android Keyboard Has Stopped atau Cara Mengatasi Sayangnya Keyboard Android Telah Berhenti, dapat digunakan disemua jenis android baik itu android bermerk Samsung, Vivo, Oppo, iPhone (iOS) dll.
Mungkin Anda merasa sangat kesal pada saat ingin membalas sesuatau pesan yang sangat penting, tiba-tiba keyboard pada Android anda mengalami masalah seperti ini.
Dan sekarang Anda melihat pesannya “Sayangnya, keyboard Android telah berhenti“.
Tidak diragukan lagi, Anda ingin memperbaiki masalah ini dengan cepat. Jika Anda mencari solusi untuk memperbaikinya “Sayangnya, keyboard Android telah berhenti”, baca terus hingga kebawah karena kami memberikan 10+ cara untuk mengatasi hal ini.
Hal ini bekerja pada sebagian besar perangkat Android termasuk Samsung, HTC, Sony Xperia, Motorola, LG dan perangkat Android lainnya.
Solusi untuk “Sayangnya, Keyboard Android Telah Berhenti”
Solusi 1: Restart Keyboard
Restart keyboard bisa sangat efektif dalam memecahkan masalah. Sejumlah pembaca menganggap ini bermanfaat. Sementara beberapa orang melaporkan bahwa masalah ini kembali di kemudian hari, yang lain menemukan masalahnya sebagai masalah satu kali yang dipecahkan saat keyboard di-restart.
Cara Restart Keyboard
- Buka menu Settings pada perangkat
- Gulir ke bawah ke bagian Aplikasi dan Ketuk pada Pengelola Aplikasi
- Gesek untuk membuka tab “Semua“
- Sekarang cari aplikasi Android Keyboard dan ketuk di atasnya
- Sekarang tekan Force Stop untuk menghentikan keyboard
Keluar dari menu Settings dan kembali ke keyboard dan periksa apakah berhasil. Jika Anda kebetulan menggunakan keyboard pihak ketiga atau jika pabrikan perangkat telah menginstal keyboardnya sendiri, Anda harus mencari keyboard yang sedang digunakan. Seperti pengguna Samsung akan menemukan bahwa mereka menggunakan keyboard Samsung sehingga Anda harus mencari keyboard Samsung di bawah aplikasi.
Solusi 2: Hidupkan Ulang Perangkat
Jika masalahnya tidak diperbaiki maka mungkin ada kesalahan pada aplikasi yang bisa diperbaiki dengan bantuan reboot. Perangkat reboot dapat memecahkan masalah aplikasi dasar dan dapat memperbaiki gangguan sederhana pada perangkat.
Hidupkan ulang perangkat dan periksa apakah keyboard berfungsi. Banyak pembaca telah menemukan ini menjadi solusi permanen untuk masalah ini, namun bagi mereka yang melihat masalah ini kembali, cobalah solusi lain yang ada dibawah ini.

Solusi 3: Hapus Cache dan Data untuk Keyboard
Menghapus cache dan data aplikasi memungkinkan Anda menghapus file yang mungkin rusak atau mungkin menimbulkan masalah karena bug. Saat menghapus file cache tidak menghapus informasi penting apapun, Anda akan kehilangan setting pribadi saat menghapus file data dari aplikasi manapun. Jika Anda telah membuat perubahan spesifik pada keyboard, Anda akan kehilangan pengaturan tersebut. Anda harus kembali ke pengaturan keyboard dan membuat perubahan sekali lagi
- Buka menu Settings pada perangkat Anda
- Ketuk Pengelola Aplikasi yang berada di bawah bagian aplikasi
- Gesek ke tab yang menyertakan aplikasi “Semua“
- Sekarang cari aplikasi keyboard. Bisa jadi Android Keyboard atau keyboard yang Anda gunakan jika Anda telah menginstal keyboard pihak ketiga.
- Ketuk pada aplikasi keyboard
- Ketuk Clear Cache
- Sekarang sentuh Clear Data
- Ketuk OK untuk konfirmasi
Setelah file cache dan data telah dihapus, restart perangkat Anda dan periksa apakah keyboard berfungsi.
Solusi 4: Clear Cache dan File Data untuk Dictionary App
Aplikasi kamus terkait erat dengan aplikasi keyboard. Jika karena alasan apapun Anda mendapatkan kesalahan “sayangnya keyboard telah berhenti”, ada kemungkinan hal itu terjadi karena file korup di aplikasi kamus. Menghapus file-file ini bisa membantu dalam memecahkan masalah.
- Buka menu Setelan/Settings pada perangkat Anda
- Ketuk pada Pengelola Aplikasi
- Gesek untuk membuka tab “Semua“
- Gulir dan cari aplikasi Kamus dan ketuk di atasnya
- Ketuk Clear Cache
- Ketuk Clear Data
- Ketuk OK untuk konfirmasi
Setelah file cache dan data telah dihapus, periksa apakah masalah telah diperbaiki.
Solusi 5: Perbarui Google Keyboard (atau keyboard lain yang Anda gunakan)
Salah satu pembaca kami menunjukkan bahwa masalahnya dapat diperbaiki dengan memperbarui keyboard Google. Jika Anda menggunakan beberapa keyboard lain, silahkan diperbaharui. Untuk memperbarui keyboard, buka Play Store, ketuk tiga garis horizontal lalu ketuk aplikasi & permainan saya. Jika ada update untuk keyboard, tekan Update.
Solusi 6: Setel ulang Pengaturan Keyboard
Perangkat tertentu seperti perangkat Samsung menggunakan keyboard Samsung. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengatur ulang pengaturan keyboard yang dapat membantu dalam memecahkan masalah. Jika Anda pengguna Samsung, ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang pengaturan
- Buka menu Setelan pada perangkat Anda
- Lihat di bawah System for Language and Input dan ketuk di atasnya
- Ketuk Keyboard Samsung
- Sekarang gulir ke bawah dan ketuk pada Reset Settings
Setelah pengaturan keyboard disetel ulang, periksa apakah masalah sudah terpecahkan.
Solusi 7: Gunakan App Pihak Ketiga
Bagi mereka yang tidak ingin menggunakan plikasi keyboard yang telah ada, pilih aplikasi pihak ketiga untuk keyboard default dan gunakan sebagai gantinya. Ini tidak akan memecahkan masalah yang Anda hadapi dengan keyboard Anda tapi ini akan memberi Anda solusi untuk mengatasi ini (setidak nya Anda dapat mengirim dan membalas pesan)
Periksa Play Store untuk keyboard yang sesuai untuk Anda. Setelah memasang keyboard, Anda akan ditanya apakah Anda ingin diset sebagai default. Pilih keyboard yang baru dipasang sebagai default.
Solusi 8: Perbaharui Perangkat Lunak Perangkat
Perangkat lunak perangkat Anda memegang peranan penting dalam menjaga agar semua aplikasi berjalan dengan lancar. Jika Anda telah menunda pembaruan perangkat lunak untuk waktu yang lama, maka Anda harus menginstal pembaruan. Pembaruan memastikan bahwa semua bug dan kesalahan yang diketahui diperbaiki dengan pembaruan.
- Buka menu Setelan pada perangkat Anda
- Ketuk About Device
- Ketuk pembaruan Update Software atau System
- Perangkat akan mencoba memeriksa pembaruan.
Jika perangkat Anda diperbarui maka Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa perangkat Anda menggunakan perangkat lunak terbaru. Namun, jika pembaruan tersedia, Anda harus menginstal pembaruan terbaru dan kemudian memeriksa apakah masalah telah terpecahkan setelah telepon Anda di Update.
Solusi 9: Instal Pembaruan untuk Keyboard
Seperti yang disarankan oleh salah satu pembaca kami, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah ini dengan menginstal pembaruan untuk keyboard. Untuk itu, arahkan ke play store di ponsel android Anda dan cari updatenya.
Solusi 10: Restart di Safe Mode
Jika masalah terus berlanjut maka kita harus mencoba langkah pemecahan masalah yang relatif komplek. Pada langkah ini, dengan memulai ulang perangkat Anda dalam mode aman atau safe mode, kami dapat menetapkan apakah ada masalah karena salah satu aplikasi pihak ketiga. Ini berarti bahwa stok Anda adalah keyboard Android yang akan bekerja di Safe Mode.
- Tekan dan tahan tombol Power sehingga menu Power bisa muncul di layar
- Sekarang tekan opsi Power pada menu dan terus tekan sampai Anda melihat kotak pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin me-restart di Safe Mode
- Ketuk OK dan konfirmasikan
- Lihat gambar dibawah ini

Setelah perangkat diaktifkan ulang dalam mode Aman Anda akan melihat kata-kata Safe Mode yang tertulis di layar untuk konfirmasi. Sekarang periksa apakah keyboard bekerja dalam mode Aman.
Jika berhasil maka salah satu aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan mungkin merupakan pelakunya. Untuk mengidentifikasi aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah, Anda harus terlebih dahulu mencari, kemudian mencoba untuk menonaktifkan aplikasi yang baru saja Anda instal. Nonaktifkan aplikasi satu per satu dan cari tahu apakah keyboard mulai bekerja setelah menonaktifkan aplikasi tertentu. Setelah Anda mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah, copot pemasangannya.
Jika Anda kebetulan menggunakan keyboard pihak ketiga yang tidak berfungsi maka Anda harus mencopot keyboard itu dan mencoba menggunakan stok keyboard Android atau Anda dapat mencoba memasang keyboard pihak ketiga yang berbeda dari Play Store.
Solusi 11: Reset ke Factory Settings
Jika keyboard Anda masih tidak berfungsi, Anda harus mempertimbangkan untuk mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik. Dengan demikian, Anda akan dapat mengembalikan perangkat lunak perangkat ke keadaan semula. Ini akan menghapus semua data dari perangkat Anda dan Anda juga akan kehilangan semua aplikasi pihak ketiga yang telah Anda pasang ke perangkat. Pastikan Anda mencadangkan semua data sehingga Anda tidak kehilangan data penting begitu Anda menyetel ulang perangkat.
- Buka menu Setelan pada perangkat Anda
- Ketuk Backup dan Reset
- Centang kotak yang memungkinkan Anda mencadangkan Akun Google Anda
- Ketuk pada Reset Factory Settings
- Ketuk Reset Phone
Setelah perangkat di-reset ke pengaturan pabrik, Anda dapat mencoba dan memeriksa apakah masalah telah terpecahkan. Anda kemudian dapat mengembalikan data dan terus menggunakan perangkat seperti biasa.
Solusi untuk “Sayangnya, keyboard Android telah berhenti” akan bekerja pada sebagian besar perangkat Android.
Bagaimana Untuk Perbaiki “Sayangnya, keyboard Samsung telah berhenti bekerja”
Jika Anda menggunakan salah satu perangkat dari seri Samsung Galaxy S atau seri Samsung Galaxy Note, Anda mungkin melihat pesan berikut “Sayangnya, keyboard Samsung telah berhenti bekerja”. Seperti yang sudah kami jelaskan, solusi yang disebutkan di atas efektif di semua perangkat Android, dan Samsung tidak terkecuali.
Untuk memperbaiki “Sayangnya, keyboard Samsung telah berhenti bekerja”, coba yang berikut ini:
- Hidupkan ulang keyboard.
- Hidupkan ulang perangkat Samsung Anda.
- Kosongkan cache aplikasi keyboard yang Anda gunakan, dan jika tidak memperbaiki masalah, hapus data aplikasi.
- Kosongkan cache dan data dari aplikasi Kamus.
- Setel ulang pengaturan keyboard. Buka Pengaturan> Bahasa dan Masukan> Keyboard Samsung> Reset Settings.
- Perbarui perangkat lunak pada perangkat Anda.
- Beberapa pengguna memperbaiki masalah dengan menonaktifkan Penyedia Kamus. Untuk melakukannya, buka Setelan> Pengelola Aplikasi> Semua Tab, cari Penyedia Kamus di antara aplikasi, ketuk dan klik Nonaktifkan.
- Lakukan reset data pabrik.
Mungkin karena hape nya gak kuat kali ya?